Sesuai dengan Amanat Pasal 14 UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian: Pengembangan Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI); Pengembangan Kawasan Peruntukan Industri (KPI); Pembangunan Kawasan Industri (KI) ; dan Pengembangan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SentraIKM) untuk daerah-daerah yang tidak memungkinkan berdirinya industri besar baik melalui fasilitasi pengembangan WPPI, KPI ataupun KL maka industri dapat ditumbuhkan dengan mengembangkan sentra IKM. Sentra IKM adalah lokasi pemusatan sekelompok IKM yang terpisah dari tempat tinggal menghasilkan produk sejenis dan/atau beberapa jenis, berlokasi di Kawasan Peruntukan Industri (KPI) atau di wilayah yang direncanakan menjadi KPI baik berada didalam atau diluar Kawasan Industri, dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, serta dikelola oleh suatu lembaga pengelola yang profesional. Pengembangan Sentra IKM adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas industry kecil menengah dalam memperoleh bahan baku, pemrosesan bahan baku menjadi produk jadi, dan pemasarannya.

Oleh sebab itu Pemko Padang dalam hal ini Dinas Nakerin Kota Padang hari ini tanggal 15 Agustus 2018 melaksakan FGD Penyusunan Pola Pengembangan Sentra IKM Rendang Padang yang dibahas langsung oleh Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri II Kementerian Perindustrian RI, dimana direncanakan Kota Padang akan membangun sentra Rendang yang berlokasi di Kel. Lubuk Buaya Kec. Koto Tangah.

Adapun maksud dari pengembangan sentra IKM adalah menyusun pola pengembangan SentraIndustri Kecildan Menengah di Kota Padang dalam upaya untuk menumbuhkan industri kecil dan menengah yang berdasarkan potensi daerah, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang meliputi masterplan, feasibility study, business plan dan analisis pengelola sentra industri kecil dan menengah di Kota Padang.

FGD diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai analasis kondisi eksisting IKM yang ada dan analisis potensi pengembangan Sentra IKM, serta gambaran mengenai strategi pengembangannya yang dapat digunakan Pemerintah baik pusat maupun daerah dan stakeholder terkait sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Sentra IKM di Kota Padang.

Melalui FGD diharapkan tersusun dokumen Pola Pengembangan Sentra IKM untuk Kota Padang yang memuat :analisis IKM, kebijakan pengembangan Sentra IKM, infrastruktur, dan analisis lingkungan; analisis kelayakan, rencana bisnis, analisis pengelola Sentra IKM, rencana strategis dan rencana aksi, site plan dan tahapan pembangunan Sentra IKM.

VIDEO

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja