Padang, (Antara Sumbar) - Industri Kota Padang, Sumatera Barat, didominasi oleh industri kecil menengah (IKM) di bidang makanan daripada industri lainnya yang ada di kota tersebut.
"Ada 4.000 IKM di bidang makanan di Kota Padang sedangkan industri lainnya yaitu sulaman benang emas, sulaman tanah liek, konfeksi, bordir, dan industri lainnya," kata Kepala Bidang Industri, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Perdagangan, dan Energi Kota Padang (Disperindagtamben), Nurzal Hidayat di Padang, Selasa.
Ia mengatakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi IKM di daerah itu pihaknya selalu melakukan pelatihan dan pembinaan langsung baik pembinaan produk maupun kemasan ke tempat IKM berada.
Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi IKM untuk sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia serta memberikan bantuan peralatan dan jika jumlahkan total anggaran untuk pelatihan sertabantuan tersebut berjumlah Rp100 juta pertahun.
"Kami juga bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Padang untuk membantu IKM dalam meningkatkan kualitas produk IKM," ujarnya.
Ia mengatakan untuk memaksimalkannya Dekranas selalu melakukan pertemuan untuk bertukar pikiran tentang produk industri yang dimiliki serta dapat memberikan masukan untuk industri di daerah lainnya.
Untuk mempromosikan IKM pihaknya bersama Dekranas selalu mendaftarkan produk IKM ke berbagai pameran sehingga produk IKM di kota tersebut dikenal masyarakat luas.
Selain itu ia juga mendorong pelaku IKM untuk memasarkan produknya melalui internet karena melalui internet peluang pasarnya lebih luas.
"Saat ini pelaku IKM telah ada memasarkan produknya melalui internet tapi dengan cara berkelompok namun tidak maksimal karena konsumen masih kurang percaya dengan belanja online," katanya.
Oleh karena itu, ia berharap dalam waktu dekat rencana pemerintah Kota Padang membuat website untuk memasarkan produk IKM dapat terealisasi.
Namun, pihaknya selalu membuka peluang bagi masyarakat luas yang ingin membeli produk IKM Kota Padang untuk bertanya kepada Disperindagtamben Kota Padang tentang produk IKM mana yang memiliki kualitas baik. (*)
 
Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

VIDEO

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja