Dalam pengembangan IKM perlu dikaji terlebih dahulu tentang kriteria dan ciri-ciri IKM, masalah-masalah yang dihadapi serta potensi-potensi yang tersedia agar dapat disusun suatu strategi pengembangan IKM yang lebih baik. Strategi pengembangan IKM dapat dilakukan secara fleksibel dengan mempertimbangkan faktor-faktor kondisi alam, keunikan, dan potensi asli suatu daerah, serta keterkaitan antar daerah. Oleh karena itu, pengembangan IKM dengan berbasis pada sumberdaya lokal perlu mendapat dukungan dan pembinaan khusus. Selanjutnya, dalam sistem gugus usaha (cluster) yang terdiri dari sentra-sentra ikm dapat dijadikan sebagai komplemen atau mitra kerja bagi usaha-usaha besar dalam rangka memperkuat pola-pola kemitraan secara terpadu.

Oleh sebab itu Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian berupaya untuk mendukung pengembangan IKM kota padang melalui kelembagaan IKM dengan pembentukan sentra IKM. Hal tersebut diungkapkan oleh Bapak Prof. Dr. Eyviet Nazmar dalam sambutannya. Beliau mengatakan bahwa untuk mempercepat/memperkuat kelembagaan sentra IKM ini perlu dilakukan pembinaan-pembinaan antara lain melalui :

  1. Penataan lokasi dan anggota sentra
  2. Bimbingan teknis kelembagaan/organisasi
  3. Bantuan peralatan untuk sentra

Untuk itu tanggal 15 Mei 2017, Bidang Industri Dinas Nakerin Kota Padang telah melaksanakan Bimbingan Teknis Bagi IKM Kota Padang dengan tema melalui kelembagaan IKM kita tumbuhkembangkan industri kecil Kota Padang. Bimtek yang dilaksanakan di Balai Diklat Industri Padang ini berasal dari dana APBD Kota Padang Tahun 2017 dan diikuti oleh 60 orang pelaku usaha yang pernah dilatih dan didorong untuk membentuk sentra IKM sesuai dengan produk yang dihasilkannya.

Dengan adanya Bimtek Pemerintah Kota Padang berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pembentukan sentra IKM sehingga kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat Kota Padang menjadi lebih meningkat.

 

VIDEO

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja