Padang, (Antara) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan masih menjamin dana tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) para pekerja peserta PT Jamsostek.

"Peserta Jamsostek tidak perlu khawatir dan takut akan kehilangan tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) terkait perubahan PT Jamsostek (Persero) yang bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan,"kata Kepala Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Padang, Agusdiansyah, di Padang, Selasa.


Menurut dia, JHT akan dikembalikan/dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya, apabila tenaga kerja mencapai umur 55 tahun atau meninggal dunia, atau cacat total tetap

Serta mengalami PHK setelah menjadi peserta sekurang-kurangnya 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan dan pergi keluar negeri tidak kembali lagi, atau menjadi PNS/POLRI/ABRI.

"Namun kalau karyawan tersebut sudah bekerja kembali bisa menyambung kepesertaan di tempat perusahaan baru,"ungkap dia.

Sejak dulu Jamsostek bertransformasi tidak ada dana yang lenyap. Jamsostek tetap melakukan pencarian terhadap si pemilik dana. Bahkan bagi peserta yang telah meninggal dunia juga terurus dengan baik,pihaknya akan terus berupaya memberikan yang terbaik pada peserta Jamsostek,"jelas Agusdiansyah.

Dia mengatakan, PT. Jamsostek yang menjadi BPJS Ketenagakerjaan hanya akan melaksanakan tiga program yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan hari Tua (JHT).

"Rencananya mulai Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat tugas baru untuk melaksanakan program pensiun,"kata dia.

Menurut dia, untuk masalah layanan kesehatan bagi karyawan perusahaan yang ada di Kota Padang secara otomatis ditangani BPJS Kesehatan.

"Seluruh peserta Jamsostek yang masih aktif ikut program JPK tetap dilanjutkan hingga 3 bulan ke depan atau hingga 30 Maret 2014. Seluruh pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan Jamsostek tetap berlanjut, dan ikatan kerjasamanya akan dihandle oleh BPJS Kesehatan (PT Askes).

BPJS kesehatan tidak akan 'memutus' mitra pelayanan kesehatan Jamsostek. "Justeru jaringan BPJS Kesehatan akan semakin luas karena adanya penambahan tempat pelayanan kesehatan seperti klinik kesehatan dan rumah sakit yang bermitra dengan Jamsostek,"jelas Agusdiansyah. (*/sun)

VIDEO

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja