Kepala Dinas

Tugas Pokok
Kepala Dinas mempunyai tugas memimpin dan mengatur penyelenggaraan urusan bidang ketenagakerjaan dan perindustrian dan tugas pembantuan lainnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya urusan ketenagakerjaan dan perindustrian yang berkualitas, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi.
Fungsi
Untuk menyelenggarakan tiugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Dinas mempunyai fungsi ;
1.      Menetapkan kebijakan teknis di bidang ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya pelayanan yang prima dan optim,al di ketenagakerjaan dan perindustrian;
2.      Menetapkan perumusan sasaran kebijakan teknis di bidang ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk menekan angka pengangguran;
3.      Menetapkan perumusan program kerja dinas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar penyelenggaraan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian dapatn diukur secara tepat dan optimal;
4.      Menyelenggaraqkan koordinasi pelaksanaan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian dengan mitra kerja terkait (stakeholder) terkait berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar terwujudnya sinkronisasi kebijakan dengan baik;
5.      Menetapkan pengendalian penyelenggaraan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai berntuk upaya melindungi tenaga kerja dan mengatasi permasalahan perindustrian;
6.      Menyelenggarakan pembinaan aparatur dalam menyelenggarakan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan agar tercaapai hasil pelaksanaan tugas dapat lebih efisien dan efektif;
7.      Mengarahkan penyelenggaraan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan demi tercapainya pelaksanaan tugas yang tepat sasaran;
8.      Menyelenggarakaqn urusan ketenagakerjaan dan perindustrian serta tugas pembantuan meliputi manajemen, pengawasan, mediasi, dan monitoring sertya evaluasi, berdasarkan ketentuasn peraturan perundang-undangan demi terwujudnya sasarqan;
9.      Menetapkaqn evaluasi penyelenggaraan urusan ketenagakerjaan dan perindustrian berdasarkan ketentuan peraturan perunmdang-undangan guna mengetahui keberhasilan pelaksanaan tugas secara komprehensif;
10.    Menetapkan laporan penyelenggaraan urusan ketenagakerjaan dan perindutrian secara periodik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-unsdangan sebagai bentuk akuntabilitaqs kinerja;
11.    Pengguna anggaran dinas;
12.    Pengguna barang dinas; dan
13.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat

Tugas Pokok
Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang dalam melksankan tugasnyaq berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas. Sekretariat mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam mengelola urusan kesekretaritan, yang meliputi administrasi umum,kepegawaqian, dan keuangan.
Fungsi
1.        Melaksanakan penyusunan administrasi kepegawaian,perlengkapan dan peralatan, urtsan rtumah tangga dinas, keuangan, kearsipan perpustakaan dan dokumentasi;
2.        Melaksanakan penyusunan anggaran, pembinaan organisasi dan tatalaksana, penyusunan evaluasdi dan pelaporan;
3.        Meningkatkan sumber daya manusia aparatur dinas;
4.        Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas dinas;
5.        Mengelola layanan informasi dan dokumentasi publik;
6.        Mengelola layanan pengaduan masyarakat; dan
7.        Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Sub Bagian Umum
Sub Bagian Umum dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris.
Sub Bagian Umum mempunyai tugas membantu sekretaris dalam melaksanakan utusan pengelolaan administrasi dan kepegawaian, urusan rumah tangga, urusan peralatan dan perlengkapan dinas.
Penjabaran tugas Sub Bagian Umum adalah:
1.    Melakukan pengelolaan surat masuk dan surat keluar;
2.    Merlakukan pengelolaan kearsipan;
3.    Melakukan pengelolaan administrasi kepegawaian
4.    Melakukaqn urtusan humas
5.    Melakukan urusan pengadaan peralatan atau perlengkapaqn kantor, pencatatan,penyimpanan, dan pendistribusian;
6.    Melakukan urusan pemeliharaan atau perawatan alat-alat kantor;
7.    Menyusun evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum; dan
8.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
 
Sub Bagian Keuangan
Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang kepala sujb bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu sekretaris dalam melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan yang meliputi penyusunan rencana anggaran pendapatan belanja dinas verifikasi, perbendaharaan, penyusunan pertanggung jawaban keuangan dinas dan penyusunan rencana program/kegiatan tahunan,mengikuti pelaksanaan, dan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya.
Penjabaran tugas Sub Bagian Keuangan adalah :
1.      Menyusun program dan rencana keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
2.      Mengerjakan p;elaksanaan administrasi keuangan;
3.      Melakukan penyiapan kelengkapan surat perintah pembayaran uang persediaann surat perintah pembayaran ganti buang, surat perintah pembayaran tambahan uang, surat perintah pembayaaran langsung gaji dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya
4.      Melakukan verifikasi surat pertanggung jawaban;
5.      Melakukan penyiapan bahan pertanggung jawaban dan menyiapkan laporan keuangan;
6.      Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
7.      Menyusun laporan bulanan, triwulan, dan tahunan keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
8.      Menyusun evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas Sub Bagikan keuangan;
9.      Menyusun dan menyiapkan rencana program kerja tahunan dinas;
10.    Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait;
11.    Melakukan monitoring pelaksanaan dan perkembangan program kerja dinas;
12.    Melakukan pendayagunaan Teknologi Informasi;
13.    Melakukan evaluasi dan pelaoran atas pelaksanaan program kerja dinas; dan
14.    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberiklan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja