Padang, (Antara) - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disonaker) Kota Padang, memberikan sejumlah pelatihan kepada pencari kerja yang terdaftar di Disonaker.

"Kita memberikan pelatihan kepada pencari kerja yang mendaftar di Disonaker sesuai dengan bidang yang mereka geluti," kata Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang, Mardanis, di Padang, Jumat (10/4).


Ia menjelaskan, hal ini sesuai dengan program Wali Kota Kota Padang yang akan menciptakan 10 ribu wirausahawan baru selama lima tahun.

Para pencari kerja tersebut akan dilatih berdasarkan kemampuan yang dimiliki, seperti pelatihan las listrik, desain grafis, bordir, pelatihan pembuatan kue kering.

Untuk selanjutnya, setelah pelatihan pencari kerja selesai, nantinya akan dimagangkan di perusahaan-perusahaan untuk lebih mematangkan kemampuan pencari kerja.

Ia mengungkapkan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja menganggarkan dana lebih kurang sebesar Rp2 miliar dari Rp9,3 miliar anggaran keseluruhan untuk membantu para pencari kerja dalam menyediakan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pelatihan.

"Kita menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar untuk pelatihan ini, dalam menyediakan peralatan yang dibutuhkan," katanya.

Menurutnya, dengan melakukan pelatihan ini, nantinya bisa membekali masyarakat Kota Padang untuk berwirausaha, sehingga bisa mengurangi pengangguran di Kota Padang.

"Saat ini sudah ada yang membuat usaha sendiri, seperti membuat mie dari labu dan makanan kering dari labu," tuturnya.

Hingga Februari 2015, sudah 17.369 pencari kerja yang terdaftar di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota padang.

"Para pencari kerja terdiri dari 7.651 orang laki-laki dan 9.718 orang perempuan yang terdiri dari berbagai pendidikan terakhirnya," katanya.(**/cpw9/WIJ)

VIDEO

Pengaduan

PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (PHI) /

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

Melalui SMS ke No. Hp :

082284224872, 08126149055, 085263385927

Format pengaduan:

Nama, Alamat, No.telp/hp Perusahaan

dan

Nama, Alamat, No.telp/hp Pekerja